Tes Rekrutmen Pramugari Batik Air // Welcome on Board, Batik Air!
Holaa..
Guys, apa kabar? Sehat? Gimana? Sudah ada yg menggapai impiannya kah? Atau saat ini ada yg sedang berjuang sampai titik darah penghabisan? Atau masih ada yg ragu-ragu, "coba ga yaa coba ga yaa, tapi kan banyak yg cantik, tapi kan mereka itu mulus-mulus, tapi gigiku gingsul, tapi tapi tapi bla bla blaaaaaaa..", masih ada yg gini?
Ohya guys, jangan lupa mampir di akun youtube aku dengan link :
Ohya guys, jangan lupa mampir di akun youtube aku dengan link :
https://youtu.be/5D2-Jmae_Nw
https://youtu.be/5Q1e8sAESGM
Akun ini berisi informasi secara visual seputar pramugari yang bisa aku share berdasarkan pengalaman aku. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi yaa!
Jangan lupa like, comment, dan Subscribe ya!! Terima kasih..
Lanjut yaa. Guys, ayolah.. kapan lagi kalian mau maju dan mencoba kalo segala kekurangan yg kalian tonjolkan? Namanya manusia, yaa wajar dong punya kekurangan, tapi dibalik itu percayalah, Tuhan menciptakan manusia nya juga dengan kelebihan yg setiap pribadi pasti memilikinya. C'mon, go ahead!! Apakah blog ini aku tulis hanya untuk menyemangati kalian saja tanpa dari kaliannya juga bersemangat? Apakah aku hanya sebagai penyemangat kalian, trus yg nyemangati aku siapa? Dan ketika aku kehilangan semangat, apakah kalian berkenan untuk menyemangati aku juga? Plis mengerti lah tentang keadaanku.. -- Loh kan kok jadi curhat -,-
But, seiring waktu yang berjalan, aku sering dipertemukan dengan mereka yang membaca blog ini dengan segenap perjuangan dramatis yang aku ceritakan dan aku rasakan, dan aku share dengan kalian semua, Alhamdulillah, banyak juga kok yang udah LULUS baik jadi POLWAN/POLKI maupun yang udah jadi FLIGHT ATTENDANT alias PRAMUGARI. Aku merasa sangat beruntung, mudah-mudahan dengan segenap pengalaman yang aku ceritakan dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin menggapai impian tersebut, tapi alangkah bahagia nya jika kita dapat tetap berkomunikasi intens dan saling share satu sama yang lain, aku akan sangat senang, karena notabene kita ini (baik aku dan pembaca blogku) sama-sama seorang yang berjuang, hanya saja aku ada waktu untuk menceritakan kisahku ini pada kalian dan menjadi konsumsi publik bagi mereka yang membutuhkan. Please, keep humble as always yaa, guys! :)
Baiklah, mungkin kalian penasaran yaa dimana aku sekarang berada?
-- Let me tell you that I already passed check as a Flight Attendant rating type Airbus 320 for BATIK AIR --
Itulah kenapa aku tidak muncul-muncul di blog sampai sejauh ini, dikarenakan aku terus berkutat dengan buku-buku tebal yg full bahasa inggris dan segala pelatihan lainnya untuk membentuk kita menjadi seorang Flight Attendant yang profesional (karena sejauh ini, walaupun sudah lulus rekrutmen dan menjalani training, bukan berarti gelar "PRAMUGARI" langsung kita dapatkan, namun dalam masa training, sistem gugur pun masih berlaku dan bagi yang tidak memenuhi standart penilaian training, maka akan di pulangkan ke HRD alias FAIL alias dipulangkan kembali ke kampung halaman dan bayar pinalti pula. Sedih? Iya! Makanya jangan mau jd kalangan yg gagal :D)
Back to the nature, eh back to the point maksudnya, izinkan saya pada kesempatan yg berbahagia ini (Bahagia karena udah lolos masa-masa training yg penuh dengan keringat, perjuangan, dan air mata -- Halah, lebay =D -- dan udah sah sebagai Flight Attendant), share pada kalian semua mengenai..
PROSES REKRUTMEN PRAMUGARI BATIK AIR
atau lebih tepatnya
PROSES REKRUTMEN PRAMUGARI LION GROUP
Check this out!
1. Masa - masa Rekrutmen
Udah tau lah yah? Udah panjang banget cerita dan kisah serta pengalaman yang aku share mengenai tes rekrutmen yang diikuti oleh ratusan, ribuan, bahkan jutaan. -- eh ribuan aja deh, karna ini bukan konser yah, melainkan ajang mencari bakat eh mencari pekerjaan yang di dalamnya berisi wanita yang ingin menjadi seorang PRAMUGARI (next aku singkat menjadi FA -- Flight Attendat --)
Dari sekian ratusan wanita yang melamar, tepatnya di kota Medan, terpilih lah sekitar 23 orang yang siap ditempatkan menjadi calon pramugari dibawah naungan LION GROUP, ntah itu di maskapai Lion Air, Wings Air, atau Batik Air.
2. Tanda Tangan Kontrak
Setelah lulus masa-masa rekrutmen yang penuh desakan-desakan yang menimbulkan sesak di dada karena melihat kau sangat jauh disana, ehhh apaann sesak di dada karena banyak nya umat yang melamar maksudnya. Udah senang lah yah? Akhirnya lolos juga, akhirnya keterima juga jadi pramugari. Eh apaa? Keterima jadi FA? Eitssssss, jangan senang dulu, perjuangan jadi FA baru dimulai, bukan udah kelar! Kalian masih CALON PRAMUGARI dan sistem gugur masih ada. Disinilah kalian di kontrak, dan mengikat janji dengan dirinya, eh maksudnya perusahaan kalau kalian berkenan di didik mereka dan jika kalian gagal dalam masa didikan alias training maka kalian harus membayar uang pinalti yang telah perusahaan kasih FREE alias GRATIS selama kalian di training untuk menjadi seorang FA yang ber-qualified.
Dag-Dig-Dug serrrrr.. "HRD LION", begitulah nama yg tercantum di ponselku, dan segera ku angkat. "Mba, hari Jum'at, tanggal xxx jam xxx datang ya untuk TTD Kontrak, silahkan membawa bla bla bla bli bli bli blu blu blu". Aku pun membalas, "Baik mas, terima kasih". Ceklek. Matikan HP. Buang HP, tapi buangnya ke tempat tidur aja, trus kita juga tidur. Eh enggaklahhh... Aku langsung cari enyak babe yang lagi menikmati boci alias bobo ciang dan berkata, "Dad, Mom, I love you so much, I know am wrong but am promise i'll be your best your pride your everything and then could I say that I already falling in love with someone but yeah I hope that you will love him also so we could fulfill each others and being a prince and princess and he will marry this your beautiful daughter soon, so bla bla bla blablass.. Ehh bukan itu deng yang aku blg, aku yg sedikit shock ini mencoba mengatur nafas, dan berbicara, "Pa, Ma, adek dipanggil sama Lion Group untuk TTD kontrak, Jumat ini, jam bla bla bla bla bla....". "Ditempatkan di maskapai apa, Nak?", "Belum dikasih tau, tapi yah doain yang terbaik yah Ma, Pa. Adek sih pengennya di Batik, biarlah engga di si biru, di Batik pun engga apa apa, toh kan mereka sama-sama Full Service dan Premium class, cuma beda perusahaan ajah". "Iya, mudah-mudahan yaa, Nak.."
Enyak babe pun semangat dan kami pun langsung bersiap-siap untuk segera ke ibukota lusa.. (TTD Kontrak harus didampingi oleh salah satu orangtua/wali, kalo aku sih, keduanya ikut pergi barengan ke ibukota, maklum lah, ayah tidak bisa tanpa ibu dan ibu tidak bisa tanpa ayah, ohh so sweatt.. eh so sweet..)
Tibalah hari Jum'at yang dinanti, dag-dig-dug serrrrr ini bakal ditempatkan dimana yaa.. Dari sekitar 23 orang anak Medan yang keterima di Lion Group, untuk kloter ini hanya 2 anak Medan saja yang dipanggil, aku dan temenku, Rinny namanya. Kita pasrah mau ditempatkan dimana, tapi kita sih pengennya di Batik Air, begitu pun teman yang dari rekrut Medan berdoa supaya ditempatkan di Batik, tapi kembali lagi ke Rezeki, sebagian dr mereka sudah tersebar di Lion Air dan Wings Air, but it'll be your and our own best, guys! Kitanya heran, dari kloter yang sebelumnya di panggil rame yaa, paling dikit 5 orang, eh kita nya yang termasuk kloter2 akhir yang dipanggil, malah hanya berdua.
Datanglah mas mas dan mba mba HRD, perkenalan dan mengucapkan selamat karena kami telah diterima dan akan ditempatkan di maskapai BATIK AIR..
Untuk kloter Medan, hanya kami berdua saja yang ditugaskan untuk Batik Air.
Luar Biasa, do'a nya mujarab! :D
3. TRAINING
Welcome to the jungle!!
Selesai TTD Kontrak, berhubung maskapai yang saya naungi ini sudah memiliki mess nya sendiri, jadi resmilah kita menjadi warga Lion City di Balaraja, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Pulau Jawa, Negara Indonesia -- Yah, itulah dia, rumah kedua yang menjadi tempat naungan selama kita di kontrak disana. Tau? Kalo gatau, coba rajin2 liat peta atau bola dunia atau supaya gampang tanya Dora deh yaa -,-
Disini kita digembleng di ground selama minimal 4 bulan -- karena bisa lebih.
Teman sejati kita selama training, sudah pasti buku buku tebal yang mencakup tentang service, pengetahuan aviasi, keselamatan penerbangan, first aid, dll yang fully bright eh full dengan bahasa inggris, so kalo ke kelas kita wajib bawa kamus yah guys.. Bukan hanya itu, selama training kita wajib bawa spare baju seragam juga, layaknya pramugari yang udah terbang. Hal itu agar kita terbiasa apabila terbang kelak, karena kita dituntut untuk tetap rapih dan bersih. Bawa peralatan full make up juga setiap harinya, spare sepatu teplek (flat shoes) karena percayalah, gempor juga kaki kalau jalan dari kamar mess menuju kantor pendidikan dengan high heels 7cm, walaupun masih di area Lion City. Parfum jangan lupa, karena FA dituntut untuk wangi sepanjang hari dan jgn lupa pakai deodorant juga yaa guys! :D Paling penting, uang jajan, kan ga mungkin engga bawa duit dan ngutang di kantin kantor kan yaa.. Nah, pokonya selama kita training dulu, paling tidak bawa 2 gembolan tas besar yang biasa kami sebut sebagai "Magic Bag", karena semua bs masuk di dalamnya kecuali kenangan :D
Sepanjang saya bekerja, pekerjaan inilah yang membutuhkan usaha yang sangat lebih. Trainingnya lama dan pembekalan nya pun sangat banyak, diikuti dengan ujian setiapp harinyaaa yang mengharuskan kita benar-benar firm untuk aspek keamanan serta keselamatan tanpa mengurangi rasa kenyamanan selama berada di pesawat, maklumlah, media kita selama bekerja hanyalah pesawat dan udara, yang antah barantah keberadaannya. Jadi mungkin di khalayak orang awam menganggap pekerjaan ini hanyalah seputar menyambut penumpang, senyum, service makan dan minum, selimut, lenggak lenggok, dan jalan jalan alias traveling. Yaa semua benar, tapi belum lah sempurna karena pelatihan untuk service sendiri hanya 10% dari total 100% yang mana sisa 90% nya lagi meliputi pembelajaran, dan ujian mengenai aspek keselamatan selama berada di pesawat.
Tau kah kalian di ketinggian jelajah yang biasa kita tempuh yaitu 39.000 kaki (feet) itu sudah hampa udara dengan suhu yang mencapai minus ratusan derajat?
Tau kah kalian yang mana jika dalam keadaan normal pada ketinggian tsb manusia hanya bertahan hidup selama 10 detik saja? Lalu kenapa kita bisa mengudara dan bisa tetap sehat seperti layaknya di darat? Jika hal yang tidak diinginkan terjadi, bagaimana mengantisipasinya?
Tau kah kalian jika kalian semisal mengalami sakit di udara, telinga nyeri, asma kambuh, sesak nafas, hilang kesadaran alias pingsan, terserang penyakit jantung, melahirkan, bahkan ada beberapa kasus penumpang yang meninggal di udara itu siapa yang ngerawat dan membantu kalian?
Tau kah kalian kami sangat bertanggung jawab dalam menscreening kalian? Tau kah kalian apa yang terjadi jika ada penumpang lain yang mengancam kesehatan atau selamatan kalian? Misalnya ada penumpang dengan penyakit menular yang berbahaya, ancaman bom, atau bahkan pembajakan? Siapa yang akan mencegah dan menangani hal itu?
Jika terjadi keadaan abnormal, apakah kalian mengenal seluk beluk mengenai pesawat itu dan cara penggunaan devicenya sehingga kalian dapat aman dan selamat dengan mengikuti petunjuk dan instruksi yang kami pelajari? Jangan kan hal itu, terkadang dalam keadaan normal saja beberapa penumpang tidak mengetahui cara penggunaan sabuk pengaman.
Tau kah kalian walau terlihat simple, sabuk pengaman itu mencegah kalian terbentur dan terlempar dari tempat duduk kalian saat take off dan landing (fase kritis) dan cuaca buruk. Engga percaya, coba deh lepas sabuk pengaman pada saat fase kritis tsb dan share pengalaman kalian jika sudah mencobanya yaa..
Semua mengenai hal itu kita pelajari dengan gemblengan yang bertubi-tubi berbulan bulan lamanya. Stress? Lumayan lah, tapi dibawa have fun aja, karena engga ada satu pelajaran yang masuk kalo dipaksa. Disenangi aja, toh manfaatnya juga buat kita :)
Rotasi pembelajaran training:
1. Pembekalan per materi setiap harinya diakhiri dengan ujian berbasis computer maupun praktek. Remedial hanya 2x.
2. Simulasi :
- Evakuasi penumpang di darat
- Evakuasi penumpang di Air
- Bom Threat
- Hijack (Pembajakan)
- Unruly Pax (Penumpang yang tidak patuh dan mengancam keselamatan penerbangan)
3. Pembekalan First Aid on Board (Siap2 jadi dokter dadakan atau bidan dadakan).
4. Pembekalan tentang rating pesawat dan kegunaannya (karena ini akan menjadi rumah kita selama dinas dan mengetahui seluk beluk device yang digunakan baik dalam keadaan normal maupun darurat).
5. Dan pembekalan lainnya diikuti dengan ujian berbasis computer / praktek di setiap akhir materi.
Setelah pembekalan yang memakan waktu berbulan2 tersebut, kita pun kembali menghadapi ujian final, kali ini bukan sistem computer, melainkan face to face dengan para checker maskapai yang sudah berpengalaman di bidangnya..
Rotasi tes oleh checker ialah meliputi sistem ujian tanya jawab layaknya sidang di kuliahan, yaitu 2x sidang (sidang dengan para checker pihak pendidikan (training) yaitu Angkasa Training Center dan jika lulus dilanjutkan dengan sidang oleh para checker dari pihak perusahaan BatikAir sendiri). Ujian ini meliputi semua pertanyaan yang berkaitan dengan service dan aspek keselamatan serta dunia aviasi yang kita pelajari selama berbulan-bulan yang berasal dari buku manual yang begitu tebalnya, diujikan kembali apakah kita faham atau cuma sekedar hapalan. Believe me, lebih baik kalian utk memahami dan cobalah untuk tidak menghapal, karena dijamin kalo di pahami akan lebih "lengket" daripada dihapal yang pasti adakalanya efek nervous bisa bikin kita lupa. Pakailah tata bahasa sendiri jangan bahasa buku, karena terkadang para checker suka membulak-balikkan pertanyaan..
Setelah lolos kedua ujian final ini, selamat!! Langkah mu untuk menjadi seorang FA sudah dekat!
Selanjutnya adalah Familirization on Ground (FOG) yang bertujuan agar kita lebih familiar terhadap pekerjaan kita sebagai FA. Lokasi prakteknya langsung di pesawat yang sedang on ground dan kita simulasi bekerja dalam keadaan normal layaknya seorang FA. Praktek ini dinilai oleh para checker, yang bertujuan apakah kita mengerti tugas kita pada saat keadaan normal. Buka tutup pintu pesawat yang super berat pun kita lakukan dengan pengawasan si checker yang berpengalaman tsb. Jika tidak mampu dalam membuka/menutup pintu, maka calon FA tsb FAIL dan harus mengulang di FOG yang selanjutnya.
Setelah lolos FOG, selamat!! Satu langkah lagii yaitu Flight Training!!
Eitsss tapi jangan senang duluu.. Flight Training pun punya tahap-tahapan sampai 3x tahap ujian, yang mana 2x di cek oleh para checker company (perusahaan) dan yang ketiga kali di cek langsung oleh perwakilan KEMENHUB (DGCA / Directorate General Civil Aviation).
Lolos?? Selamat!! You are an AIR CREW RIGHT NOW!!
Sudah lolos dari berbagai ujian pada saat pendidikan di darat dan flight training dan dinyatakan LULUS oleh pihak DGCA, resmilah gelar PRAMUGARI disandang.
Pramugari bukanlah hanya sekedar impian, tapi sudah disandang sejak saat itu juga. Perjuangan berakhir sudah, tapi dunia baru segera dimulai..
Sebagai seorang FA harus memiliki sertifikat terbang yang disebut dengan TAC (Temporary Airman Certificate) atau FAC (Flight Attendant Certificate) pada saat bekerja di udara. Between TAC and FAC is same, hanya saja bagi FA yang baru terbang biasanya menggunakan TAC terlebih dahulu. TAC atau FAC ini diterbitkan oleh pihak KEMENHUB atau DGCA.
Bersiaplah untuk menjadi seorang pramugari yang profesional and I'll welcome you on board, soon!
See you and DEAR PASSENGERS, WELCOME ON BOARD, BATIK AIR.. :)
Inflight Personal TV Airbus 320 |
![]() | |||
Safety Manual Book |
Bagaimana?
Ada yang masih galau?
Atau mau mengejar impian kalian sekarang?
Kejarlah apa yang perlu dikejar.. Kejarlah yang kalian dambakan, apapun itu profesi yang kalian inginkan. Siapa yang tau yang dikejar berkenan dan membutuhkan kalian juga :D
Oh yaa..
Ternyata, banyak dari teman saya selama training merupakan seorang FA wannabe juga, dan pada masa-masa rekrutmen dulu sibuk mencari info-info mengenai tes rekrutmen pramugari dan akhirnya nyantol di blog saya ini. Jujur saya terharu, dan sedikit bangga karena info yang saya berikan sangat bermanfaat bagi mereka dan karena usaha mereka pula, luluslah mereka dalam tes rekrutmen ini, bahkan beberapa telah menjadi senior saya (secara mereka yang lolos diluan :D).
Alhamdulillah, mudah-mudahan pengalaman yang saya share ini dapat bermanfaat bagi khalayak ramai yang ingin menjadi seorang FA, dan secercah harapan saya ialah kelak ketika sudah resmi menjadi seorang FA, tetaplah memiliki empati yang tinggi, hargai orang sekitar, be humble, dan jangan pernah merasa tinggi karena diatas langit masih ada langit dan engga ada yang perlu disombongkan karena semua yang kita miliki ini hanyalah titipan.. Rezeki harusnya dinikmati, disyukuri, dan penuh manfaat bagi sesama, bukan malah untuk meremehkan orang-orang sekitar yang terlihat lemah. Ingatlah, tidak ada roda yang tidak berputar, siapa yang tau yang dulunya tak kemilau tapi di masa depan ia bahkan lebih kemilau dari emas permata. Raih tangannya, pegang pundaknya, jalanlah beriringan, dan DOWN TO EARTH as always. Mudah-mudahan kita selalu dipertemukan dengan orang-orang yang baik. Aamiin.. :)
See you on board...
Love Regards,
Intan Azhar
Wihh perjalanan yg pnjng...keren ahh...uda jadi pramugari dia sekarang...semangat terus ya tann...
BalasHapusmantengin terus blog ku ceritanya nih za? hahaha iya makasih yaa za
BalasHapusAhahah iya ini tan...klo uda baca blog mu itu rasanya pengen bangkit dari kegagalan, ahaha...iya tan sama sama
HapusSeriously,tiap baca blog nya kak intan tuh ngenaaa banget di hati. Bener2 berasa lagi ada di dalem cerita dan ngalamin sendiri pengalamannya. I hope i'll be your junior soon! Sukses terus kak Intan,always humble,and always have a safe flight. Sincerely,your "blog pax" wkwk
BalasHapusAamiinn.. success for you too dear.. waiting for your coming soon ❤️
Hapuspround of u k" intan
BalasHapusanak medan sang penahkluk burubg besi :)
smoga anak medan yg 1 ini juga bisa nahluki nurung besi itu aaminn
o ya k" ikur recruitment di medan?
Thanks dear ❤️
Hapusmba... tes awal lgsung tinggi badan ya? klo tingginya kurang 2 cm aja, tp punya kualifikasi khusus (kemampuan bahasa mandarin/jepang) tetap langsung gugur di seleksi awal ya? (tanpa dilihat kualifikasi yang lain)
BalasHapusHarus sesuai ketentuan tinggi dan BB maskapainya, dear..
HapusSelamat Sore ka Intan
BalasHapusPerkenalkan, saya Rika Ayu Rahmawati mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Saat ini saya sedang melakukan penelitian Skripsi dengan topik Performance Outcomes pada Pramugara/i Maskapai Penerbangan di Indonesia.
Untuk itu, apabila anda:
1. Pramugara/i maskapai penerbangan di Indonesia
2. Telah bekerja minimal 1 tahun
Saya memohon kesediaannya untuk mengisi kuesioner berikut:
http://bit.ly/kuesionerskripiperformance
Atas kesediaan anda, saya mengucapkan banyak terima kasih :)
*) Kuesioner ini ditujukan untuk kepentingan penelitian semata, dan bisa dijaga kerahasiannya.
**) Untuk pertanyaan atau tanggapan silahkan hubungi saya di 083870576140 // rikaayurahmawati@gmail.com
Mohon bantuannya untuk mengisi kuisioner ini dan menyebarkannya ke temen-temen pramugari ya ka
Thank you so much ka Intan
Wah maaf yaa, sepertinya aku telat melihat ini..
HapusSeneng bgt liat nya
BalasHapusSemoga aku bisa kya kk Aamiin
Proses itu tidak akan menghianati hasil
Aamiinn, good luck, Wita!
HapusNama ig kk apa?
HapusJadi FA di batik air itu boleh pake stoking nggk kak?
BalasHapusmemang pake stoking
BalasHapusKemarin daftarnya dimana kak?
BalasHapusAku juga dari Medan
Dulu perekrutannya di Citra Garden. Semangat yaa
HapusTerima kasih kk termotipasi banget sma blok kk
BalasHapusTerima kasih yaa
HapusUdah baca blog ini kesekian kalinya dan selalu termotivasi. Pertama kali baca blog ini waktu awal2 mau ikut tes rekrutmen maret 2020, puji Tuhan sudah lulus semua tes dan sekarang tinggal menunggu panggilan buat sign kontrak diperusahaan yg sama juga ^^ , sambil nunggu, aku cari2 info tentang gimana ya trainingnya nanti dan teringat kembali blognya ka Intan Azhar, mkasihh kak sharingnya sgt bermanfaat bagi saya pribadi.
BalasHapusWah seneng sekali bisa membantu. Akhirnya ya. See you when I see you, Claudia! :)
HapusTolong dijawab ka, untuk mengikuti open recruitment pramugari terutama lion group, ketika belum punya sertifikat FAC apakah bisa mengikuti open recruitment nya?
BalasHapus